Apa sih Veneer Gigi Itu?

” Halo healthy people… “

Sekarang kita mau bahas perawatan gigi yang sudah mulai popular nih di Indonesia, yaitu veneer gigi. Sebenarnya apa sih veneer gigi itu ? Kegunaan dari veneer gigi dan perawatannya ? Atau hal lain mengenai veneer gigi. Langsung saja deh yuk kita simak info berikut ini…

 

” Apa sih veneer gigi itu??? “

Veneer gigi ( sering disebut veneer porcelain atau laminasi porcelain gigi ) adalah lapisan kerangka yang sangat tipis yang di buat khusus untuk menutupi permukaan gigi tertentu dengan tujuan memperbaiki penampilan gigi pasien. Veneer ini di rekatkan pada gigi bagian depan sehingga dapat merubah warna, bentuk, ukuran atau panjang gigi.

 

” Hayoo… Veneer gigi itu terbuat dari bahan apa yaa??? Hmm…”

Veneer gigi dapat terbuat dari porcelain atau dari bahan resin composite. Veneer porcelain lebih tahan terhadap noda dari pada veneer dari bahan resin composite dan veneer porcelain juga dapat memberikan warna gigi yang lebih natural. Pasien perlu mendiskusikan pilih anter baik bahan veneer apa untuk pasien kepada dokter gigi.

 

” Lalu masalah apa saja sih  yang dapat diperbaiki oleh veneer gigi? Silahkan cek dibawah ini, hehehe…  “

Inilah beberapa masalah yang bisa diatasi dengan prosedur veneer gigi :

  1. Gigi yang terkikis
  2. Gigi patah atau retak
  3. Gigi renggang yang memiliki jarak antara satu gigi dengan lainnya (untuk menutup ruang antara gigi-gigi tersebut)
  4. Gigi yang tidak sejajar, tidak rata, atau memiliki bentuk tidak teratur (misalnya, memiliki lubang atau tonjolan)
  5. Gigi yang mengalami perubahan warna baik akibat dari perawatan saluran akar gigi, noda dari tetrasiklin atau obat-obatan lain, fluoride yang berlebihan atau penyebab lainnya , atau adanya tambalan resin besar yang telah merubah warna gigi.

 

“Lalu bagaimana sih prosedur untuk pemasangan Veneer gigi??? “

Pemasangan veneer gigi, biasanya membutuhkan tiga kali kunjungan ke dokter gigi  kunjungan pertama untuk konsultasi dan kedua kunjungan lainnya untuk pembuatan dan pemasangan veneer. Proses veneer dapat di lakukan bersamaan pada pasien yang melakukan veneer untuk lebih dari satu gigi. Proses veneer di jelaskan di bawah.

 

1. Diagnosa dan rencana perawatan

Dalam langka pertama ini membutuhkan partisipasi aktif dari pasien. Jelaskan kepada dokter gigi, seperti apakah hasil yang mau pasien inginkan. Selama kunjungan pertama ini, dokter gigi akan memeriksa gigi pasien untuk memastikan veneer gigi cocok untuk pasien tersebut. Dokter gigi juga akan menjelaskan prosedur apa yang akan di perlukan dan beberapa kendalanya. Dokter gigi juga mungkin membutuhkan foto sinar – X untuk melihat keseluruhan keadaan mulut dan gigi pasien.

 

2. Persiapan

Untuk mempersiapkan gigi yang akan dilakukan veneer, dokter gigi akan mengikis atau mengasah sekitar 1/2 milimeter dari bagian enamel gigi, yang merupakan jumlah yang hampir sama dengan ketebalan veneer yang akan dipasang pada permukaan gigi pasien. Sebelum pengikisan enamel dilakukan, dokter gigi dan pasien akan memutuskan perlu atau tidaknya lokal anastesi untuk memati rasakan area gigi yang akan di asah.

Selanjutnya, dokter gigi akan mencetak gigi pasien. Cetakan ini di kirim ke laboratorium gigi untuk menkonstruksi veneer pasien. Biasanya di perlukan waktu 2-4 minggu untuk dokter gigi menerima veneer pasien kembali dari laboratorium. Untuk gigi yang telah di kikis, veneer gigi sementara dapat dipasang.

 

3. Pemasangan

Sebelum veneer gigi secara permanen dipasang pada gigi pasien, dokter gigi akan menaruh sementara pada gigi pasien untuk memeriksa apakah warna dan veneernya pas atau sesuai. Dokter gigi akan berulang kali mengikir veneer yang diperlukan sampai benar-benar sesuai ukurannya warna veneer dapat disesuaikan dengan warna semen yang akan digunakan.

Berikutnya, mempersiapkan gigi pasien untuk dipasang veneer, gigi pasien akan dibersihkan dan dipoles, supaya mendapatkan suatu proses ikatan yang kuat. Semen khusus diaplikasikan pada veneer dan veneer tersebut kemudian di letakkan pada gigi pasien. Setelah benar posisi veneer pada gigi, dokter gigi akan menggunakan sinar khusus, yang akan mengaktifkan kandungan kimia dalam semen, sehingga semen akan mengeras dengan sangat cepat.

Langkah terakhir adalah menghilangkan semen berlebih, mengevaluasi gigitan pasien dan melakukan penyesusaian terakhir sesuai dengan kebutuhan. Dokter gigi akan menyarankan pasien untuk kembali mengecek veneer gigi beberapa minggu setelahnya dengan tujuan mengevaluasi bagaimana gusi merespon veneer dan meninjau apakah penempatan veneer sudah tepat.

 

  • All

    Sorry, Gallery is empty.

 

 

Sebenarnya, apasih keuntungan dari veneer gigi?

Veneer menawarkan keuntungan sebagai berikut :

  1. Memberikan penampilan gigi alami
  2. Veneer gigi berbahan porcelain tahan terhadap noda
  3. Jaringan gusi dapat mentoleransi porcelain dengan baik
  4. Warna dari veneer porcelain bisa  dipilih sedemikian rupa sehingga membuat gigi gelap menjadi lebih putih.
  5. Veneer menawarkan pendekatan konservatif untuk mengubah warna dan bentuk gigi. Veneer biasanya tidak mengasah atau membentuk terlalu banyak seperti dalam prosedur pembuatan crown, namun veneer menawarkan alternatif yang lebih kuat dan lebih estetik.

 

Apakah kerugian dari veneer gigi?

Kerugian dari Veneer gigi meliputi :

  1. Proses yang tidak reversibel
  2. Lebih mahal dari resin komposit
  3. Tidak dapat diperbaiki apabila retak
  4. Karena enamel telah dikikis, gigi pasien menjadi lebih sensitif terhadap makanan/minuman panas dan dingin
  5. Veneer terkadang tidak sesuai warnanya dengan gigi lain. Warna veneer gigi tidak dapat diubah setelah dipasangkan pada gigi pasien. Apabila pasien ingin memutihkan gigi, pasien disarankan untuk melakukan pemutihan gigi (bleaching) terlebih dahulu sebelum veneer.
  6. Walaupun sangat jarang terjadi, veneer gigi bisa terlepas. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, pasien dilarang menggigit kuku, mengunyah pensil, es atau benda keras lain, karena benda-benda tersebut memberikan tekanan yang cukup besar bagi gigi.

 

” So… Berapa Lama Veneer Gigi Bertahan? “

Veneer gigi biasanya bertahan selama 5 sampai dengan 10 tahun. Selanjutnya, veneer gigi perlu diganti.

 

” Lalu apakah  Veneer Gigi Membutuhkan Perawatan Khusus? “

Veneer gigi tidak membutuhkan perawatan khusus. Biasakan untuk mengikuti praktek kebersihan gigi yang baik, termasuk menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur antiseptic.

Walaupun veneer berbahan porcelain mampu menahan noda, dokter gigi biasanya akan menyarankan pasien untuk menghindari makanan yang dapat meninggalkan noda (seperti kopi, teh atau minuman, makanan berwarna lainnya).

 

Nah biasanya untuk kamu kamu para healhty people yang ingin gigi putih maksimal, veneer gigi ini bisa menjadi pilihan, veneer lebih unggul dibandingkan prosedur whitening gigi (bleaching gigi) karena kamu bisa memilih hasil warna akhir yang di inginkan.

 

Nah apabila kamu kamu mau melakukan proses pemasangan Veneer, tahapan yang perlu dilakukan cukup simple kok.

Yaitu tinggal buat appoitment di klinik My Dents Dental Care terdekat.
Hubungi :
Mydents Pamulang            : 0856-7330-878
Mydents Bintaro Sektor 9 : 0857-7300-1470
Mydents Bintaro Permai   : 0815-8553-2058
Mydents Ciledug               : 0815-8553-2057

 

Terima Kasih …